23 Desember 2009

Refleksi 40 Tahun



Bismillahirrahmanirrahiim....

Puji dan syukur hanya milik ALlah Dzat Yang Mengusai alam semesta ini beserta seluruh isinya. Shawat dan salam semoga tetap tersampaikan bagi baginda Muhammad SAW.

5 Januari 1970 adalah awal dibukanya SMA Muhammadiyah 1 Weleri yang saat itu masih berada di SMP Muhamamdiyah 1 Weleri. Setelah melewati masa pasang dan surut, Insya Allah 5 januari 2010 sma muhi weleri akan berusia genap 40 tahun. 4 dasawarsa. 5 windu.

Semestinya, dengan usia setua itu, sma muhi weleri dapat sejajar dengan SMA N 1 Kendal (45 tahun) atau SMA Muhammadiyah 1 Gresik (45 tahun).

Namun, inilah fakta sejarah. beginilah keadaan smamuhi weleri saat ini. Kelas I hanya 3 kelas, Kelas II 2 kelas, dan Kelas III 2 kelas dengan 28 guru, 10 diantaranya GTT yang berusia dibawah 40 tahun, sedang selebihnya adalah GT dan DPK yang sudah sangat senior ....

Gedung dan fasilitas belum lah dapat dikatakan membanggakan (atau justru lebih tepat dikatakan memprihatinkan) jika dibandingkan dengan sekolah lain.

Prestasi ... tidaklah bisa seharum tahun-tahun silam tatkala persaingan sekolah masih sedikit dan tatkala jumlah siswa masih berlimpah.

Inilah fakta sejarah SMA Muhammadiyah 1 Weleri, tempat dimana kita pernah punya cerita terindah disana ....

Rasulullah Muhammad SAW memulai misi kerasulannya pada usia ke-40, sehingga tidak terlambat apabila dengan tidak bermaksud melarikan diri dari kenyataan dalam menyambut 40 tahun SMA Muhamamdiyah 1 Weleri dan memeriahkan perayaan 1 Abad Muhammadiyah, smamuhi weleri akan menggelar event yang belum pernah terfikirkan sebelumnya untuk digelar.

Sebagai wujud pertanggungjawaban kepada ummat dan persyarikatan, pada sektar tanggal 3 januari 2010 jam 19.30 akan dilangsungkan Pengajian Akbar di halaman smamuhi weleri. Insya Allah akan hadir sebagai muballigh adalah Sekretaris Majelis Dikdasmen PP Muhamamdiyah, Bapak Abdul Mu'thi, M.Ed

Selanjutnya sebagai wujud pertanggungjawaban akademis kepada dunia pendidikan, Insya Allah pada 10 Januari 2010 akan dilangsungkan Seminar Nasional bertempat di Pendopo Kabupaten Kendal dengan tema Open Source mengingat bahwa sma muhiweleri adalah sekolah pertama yang telah meninggalkan sistem operasi berbayar (microsoft) dan beralih ke sistem operasi yang legal dan free. Dengan dukungan dari Kementrian Ristek, Kominfo, dan Depdiknas, Insya Allah akan dihadirkan nara sumber nasional diataranya Onno W. Purbo dan Kepala Pustekkom Depdiknas, Bapak Lilik Gani NA. Dan Bupati Kendal, Ibu Hj Siti Nur Markesi Insya Allah akan didaulat menjadi Keynote speech mengingat bahwa Kendal jga telah melakukan MoU dengan Kementrian Ristek untuk melakukan migrasi ke Open Source di semua SKPD dan jajarannya. Tim Pengembang Open Source smamuhi weleri juga tengah menyiapkan distro turunan ubuntu untuk "diwakafkan" bagi dunia open source di Kendal dengan Gerakan KGOS (Kendal Go Open Source).

Kemudian sebagai penutup rangkaian kegiatan Milad ke-40 inipada hari ahad, 17 Januari 2010 akan diselenggarakan Jalan Santai Kebersamaan yang akan melibatkan semua komponen dan warga Muhammadiyah dan warga masyarakat.

Dukungan dan partisipasi dari rekan-rekan alumni adalah aset berharga kami. Dan kami mohon maaf bahwa sekolah sebagai institusi belum mampu menggelar reuni. Namun sangat tidak menutup kemungkinan sekiranya ada inisiatif dari para alumni untuk mengadakan reuni, semua jajaran sekolah akan memberikan dukungannya ....

Dengan senantiasa bermohon Ridho dan Bimbingan Allah SWT, kami berharap rangkaian kegiatan Milad ke 40 SMA Muhammadiyah 1 Weleri ini akan berjalan sukses.

40 Tahun SMA Muhamamdiyah 1 Weleri Mengawal Sejarah Mengukir Prestasi Menuju Peradaban Utama

Tidak ada komentar: