01 Januari 2009

39 Tahun SMA Muhammadiyah 1 Weleri


Puji dan syukur ke Hadirat Allah SWT yang telah memberi karunia luar biasa hingga beberapa hari lagi SMA Muhammadiyah 1 Weleri akan memperingati Ulang Tahunnya yang ke-39. Perjalanan panjang selama 39 tahun telah memberi aneka corak warna dalam sebuah sekolah.
39 Tahun bukan waktu yang pendek bagi usia sebuah sekolah. Di tengah persaingan antar sekolah yang semakin ketat, mestinya modal 39 tahun dapat menjadi bekal dan pengalaman dalam menghadapi persaingan ini. Terlebih di Kabupaten Kendal ini, SMA Muhammadiyah 1 Weleri adalah sekolah swasta tertua. Sekolah tertua kedua setelah SMA N 1 Kendal.
Hari-hari panjang mengarungi 39 tahun bukan tanpa aral. Pun juga tanpa prestasi. Segudang prestasi pernah ditoreh. Mulai dari olah raga, seni sampai akademis. Dari lokal hingga nasional. Semua itu menjadi bukti dan saksi bahwa SMA Muhammadiyah 1 Weleri pernah berjaya.
Pada masa keemasan tahun 80an sekolah ini pernah memiliki 7 rombongan belajar. Padahal saat itu minat dan motivasi untuk sekolah masih belum sebesar sekarang.
Saat ini, tahun ini, di kala menapaki usia ke-39, SMA Muhammadiyah 1 Weleri justru telah dililit persoalan besar. Persoalan yang timbul justru karena label sekolah tua, sekolah besar. Mereka yang pernah berjasa mengantarkan sekolah ini meraih masa keemasannya di era tahun 80-an dan 90-an mestinya saat ini sudah harus duduk manis melihat para muridnya dulu berkreasi sesuai perkembangan jaman untuk memajukan sekolah.
Saat ini SMA telah dianaktirikan oleh pemerintah yang di setiap kesempatan selalu mendengungkan SMK. Tapi itu bukan alasan untuk menerima kenyataan bila saat ini sekolah ini hanya tinggal punya 3 rombongan belajar. Pada kenyataannya masih banyak SMA yang masih kebanjiran murid. Tidak sedikit sekolah swasta yang semakin tua justru semakin matang.
5 januari 2009 adalah momentum yang sangat tepat untuk melakukan introspeksi, menata diri untuk melangkah lebih baik. Saat yang tepat ini akan dimanfaatkan dengan mengundang para Kepala SMP / MTs Muhammadiyah, para pimpinan ranting dan cabang di weleri dan sekitarnya untuk diberikan paparan bahwa SMA ini sekarang bersiap untuk berubah. 6 bulan kepemimpinan Kepala SMA yang baru, Bapak Sinwan yang juga merupakan alumni sekolah ini mengikrarkan diri untuk berubah lebih baik. Bahkan dengan lugas dan berani menyatakan untuk Menuju Sekolah Unggul.
Gaung perubahan sekolah ini akan terus digemakan untuk menuju sekolah unggul. Meskipun bukan tanpa aral, namun dengan segenap komitmen dan tekad, keinginan itu harus terwujud.
Diawali dengan tasyakuran pada 5 januari 2009, rangkaiang kegiatan Ulang Tahun akan dilanjutkan dengan berbagai lomba. Diantaranya adalah lomba mapel (matematika dan science), bercerita menggunakan bahasa inggris, lomba band, pertandingan bola volley dan sepak takraw untuk siswa SMP negeri dan swasta di kabupaten kendal dan sekitarnya. Selain berhadiah uang, lomba ini juga diharapkan akan menjaring bibit unggul dari SMP yang kelak jika mereka melanjutkan di SMA Muhammadiyah 1 Weleri ini akan mendapat beasiswa.
Semoga momentum perubahan ini dapat menginspirasi semua pihak untuk memperbaiki diri.
Dirgahayu ke-39 SMA Muhammadiyah 1 Weleri
Kita Bangun Kebersamaan Menuju Sekolah Unggul

Tidak ada komentar: