07 Mei 2008

Roda Suksesi akhirnya bergulir

Selasa, 6 mei 2008 adalah babak baru dalam sejarah SMA Muhammadiyah 1 Weleri. Sejak Bapak Mugiyarto resmi diangkat sebagai CPNS, tampuk kepemimpinan di SMA ini terasa kosong. Beliau yang ditempatkan di SMP 3 Weleri harus bekerja keras membagi waktu antara kewajiban sebagai kepala sekolah dan CPNS. Pengunduran diri beliau tidak serta merta diterima oleh Majelis DIKDASMEN PDM Kendal mengingat beliau masih harus menandatangani Ijazah kelak.

Namun begitu, selasa kemarin dimulai jam 13.30 wib dilakukan sosialisasi dan penjaringan bakal calon Kepala Sekolah. Acara yang dipandu oleh Tim dari Majelis DIKDASMEN PDM Kendal yaitu Bapak Moch Fatah, Bapak Shodiq dan bapak Slamet. juga dihadiri Ketua PC Muhammadiyah Weleri, Bapak Muh Suud Nasro, Ketua Majelis Dikdasmen PCM Weleri, bapak Akbarudin, BA, Ketua Majelis Pembina Kader PCM Weleri, Bapak Rubaidi BcHk, dan Ketua PC IPM Weleri.

Acara pertama adalah sosialisasi yang disampaikan oleh Bapak Sodiq yang menyampaikan Qaidah Pemilihan KS hasil Tanfidz terbaru dilanjutkan Tanya jawab. Persyaratan utama adalah muslim, pendidikan minimal S1, GT/DPK, anggota atau simoatisan Muhammadiyah dan berakhlaqul karimah. Selanjutnya setelah shalat Ashar, Pak Fatah selaku Ketua Tim membentuk Formatur penjaringan yang beranggotakan Pak Slamet, Pak Sodiq, Pak Suud, pak Akbar, Pak Rubaidi, Ketua PC IPM Weleri dan Pak Mugiyarto selaku KS dan Pak Amri selaku perwakilan guru. Hasil penjaringan menetapkan 5 balon yang dianggap memenuhi syarat, yaitu :

  1. Haryanti, S.Pd ( PNS / DPK)
  2. Sinwan, S.Pd (PNS / DPK )
  3. Sholikhatun, Dra. ( PNS / DPB )
  4. Sulaiman, Drs. ( GT )
  5. Suripto, Drs ( GT )

Selanjutnya dilakukan pemungutan suara untuk memilih 3 dari 5 balon tersebut. Pemungutan suara berlangsung singkat dan dalam suasana yang sangat kondusif. Adapun hasil perolehan suara adalah :

  1. Haryanti, S.Pd ( PNS / DPK) : 2 suara
  2. Sinwan, S.Pd (PNS / DPK ) : 18 suara
  3. Sholikhatun, Dra. ( PNS / DPB ) : 9 suara
  4. Sulaiman, Drs. ( GT ) : 0 suara
  5. Suripto, Drs ( GT ) : 2 suara
  6. Abstain : 1 suara

Karena suara ketiga dan keempat sama, maka dilakukan pemungutan suara untuk menentukan tempat ketiga dan mutlak dimenangkan oleh Ibu haryanti. Sehingga 3 Calon KS yang diusulkan ke Majelis DIKDASMEN PDM Kendal adalah :

  1. Haryanti, S.Pd ( PNS / DPK) pernah Bendahara Sekolah
  2. Sinwan, S.Pd (PNS / DPK ) sekarang Waka Ur. Kurikulum
  3. Sholikhatun, Dra. ( PNS / DPB ) pernah Waka Ur. Humas

Selanjutnya mereka akan mengikuti tes tertulis dan Fit and Proper test yang akan dilakukan oleh Majelis DIKDASMEN PDM Kendal. 1 orang yang terpilih dan dianggap layak oleh Majelis akan dimintakan Persetujuan Pimpinan Daerah Muhammadiyah Kendal untuk selanjutnya dimintakan SK Majelis DIKDASMEN PW Muhammadiyah Jawa Tengah.

Meskipun keluarnya SK masih cukup lama, namun proses itu sudah memunculkan optimisme baru akan terjadinya perubahan di SMA Muhammadiyah 1 Weleri. Pak Sinwan yang pernah menjadi DPK di SMA Muga Yogyakarta sangat diunggulkan dalam pencalonan ini. Visi dan misi beliau adalah membangunkan kembali “singa” SMA Muhammadiyah 1 Weleri yang sekarang sedang tertidur. Ada semangat baru, ada asa baru dan ada keyakinan baru

Tidak ada komentar: