14 April 2008

Reuni.....?

Ada yang tidak biasa di hari sabtu yang lalu. Tepatnya tanggal 12 april 2008. Di tengah penyelenggaraan Ulangan Tengah semester bagi kelas X dan XI beredar undangan reuni yang diselenggarakan oleh para alumni SMA Muhammadiyah 1 Weleri

Di undangan itu tertera nama salah seorang pejabat penting di kabupaten ini yang sekaligus bertindak sebagai penanggung jawab kegiatan reuni itu. Tidak tahu pasti reuni itu dirancang kapan dan alumnus mana saja yang diundang. Lha wong saya yang tercatat sebagai alumni saja tidak mendapat undangan resmi.

Para guru dan karyawan diundang untuk bersama-sama hadir pada pertemuan itu yang rencanaya juga akan dihadiri oleh alumni yang menjadi anggota dewan di tingkat propinsi.

Hmmm....., sejak awal ada yang mencium bahwa reuni itu bernuansa politis, namun di awal acara aroma itu belum juga terendus. Sampai pada saat setelah kepala sekolah menyampaikan pidatonya, aroma politis itu akhirnya tercium juga.

Salah seorang pejabat penting di kabupaten ini minta restu dan dukungan dari teman-teman alumni serta para guru dan karyawan untuk maju sebagai "kendal 1". Saat dimintai konfirmasi tentang hal itu, Kepala SMA Muhammadiyah 1 Weleri secara politis menjawab, siapapun kita dukung, apalagi alumni kita, namun biarlah nanti rakyat yang menilai dan memilih. Sekolah sebagai sebuah institusi jelas tidak akan terjebak pada politik praktis dukung mendukung. Apalagi pemilihan bupati masih lama.

Tidak ada komentar: